Thursday, December 9, 2010

Media Online 08.12.10

Film “The Social Network" ini menceritakan awal mula dibentuknya situs jejaringan sosial Facebook. Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa di Harvard University membuat situs Facebook ini dengan harapan untuk saling interaksi dan pertukaran informasi antar mahasiswa di university tersebut. Ternyata situs tersebut menjadi salah satu situs yang digemari oleh masyarakat di berbagai tempat.
Mark menjawab kebutuhan dasar manusia yang selalu haus akan informasi dan interaksi dengan individu lainnya. Situs Facebook menyediakan hal tersebut, kita bisa mengetahui informasi terbaru, berinteraksi dan terus menjalin hubungan meski terpisah antara ruang. Bahkan melihat beberapa saat yang lalu, situs facebbok juga dimanfaatkan sebagai sumber berita.
 
Hal ini membuat media konvensional (khususnya media cetak) mulai ditinggalkan. Ditambah lagi dengan perkembangan tekhnologi yang semakin canggih. Indonesia menduduki peringkat 4 besar dunia sebagai negara pengguna Facebook terbanyak. Indonesia juga tercatat sebagai pengguna twitter terbayak ke 3 di dunia setelah US dan Eropa. Selain jejaringan sosial, Indonesia menduduki urutan kedua untuk akses situs portal seperti Google, Yahoo dan lain lainnya.

Untuk website lokal, kategori news, detik news termasuk yang paling banyak diakses. Untuk kategori forum, Kaskus menjadi forum jual beli yang masih terus diminati, selain forum jual beli, kaskus juga menyediakan kolom untuk berbagi informasi antar kaskuser (sapaan khas pengakses kaskus)

Fungsi dan Kemampuan Otak Manusia - Pak Sidarta 09.12.10

otak bekerja berdasarkan sinyal-sinyal yang disuplai oleh INDERA.
informasi itu dikirim ke otak berupa sinyal-sinyal listrik, melalui jaringan syaraf.
namun, kemampuan INDERA sendiri terbatas, sehingga tidak semua informasi dari INDERA itu diterima begitu saja.
Tuhan menganugrahi kita sebuah potensi yang luar biasa OTAK
ada 2 belahan otak, kiri dan kanan.
kedua belahan otak itu berkomunikasi melalui 200.000.000 hingga 250.000.000 jaringan syaraf CORPUS COLLOSUM -> untuk menyeimbangi tubuh.
belahan otak kiri mengontrol otot-otot tubuh bagian kanan, dan belahan otak kanan mengontrol tubuh bagian kiri.
biar sedikit misteri yang bisa diungkapkan.
dari david samuels (weizmann institute) menenukan otak manusia memilliki sedikitnya 1.000.000.000 buah sel syaraf (neuran individu) tiap neuro itu dapat berinteraksi dengan 1 sampai engan 100.000.

setiap neuron yang berjumlah 1.000.000.000 itu mengandung suatu sistem yang mampu mengadakan kegiatan:
- elektro kimia yang kuat.
- pemrosesan mikrodata yang kuat.
- transmisi yang mulus dan lancar

Otak kita mengalami perkembangan dengan kecepatan yang mengagumkan. Selama masa perkembangan itu sekitar 250000 neuron (sel syaraf) bertambah setiap menit. Perkembangan ini berlangsung selama beberapa tahun setelah kelahiran, ketika kita usia kita mencapai umur 2 tahun ukuran otak kita sudah mencapai sekitar 80% dari ukuran otak orang dewasa. Perkembangan otak tersebut mencapai puncaknya (tidak berkembang lagi) ketika kita sudah menginjak usia dewasa, pada saat itu berat otak kita rata-rata mencapai sekitar 1,3 - 1,4 kilogram, sedangkan jumlah neoron pada otak orang dewasa adalah sekitar 100 milyar. Perkembangan ini sesuai dengan perkembangan tubuh kita yang sudah tidak mengalami pertambahan tinggi lagi ketika kita mencapai usia tertentu (dewasa). 
setiap neuron itu menyerupai "super oktopus" dengan badan sel yang dapat mengeluarkan ribuan "tentakel"
Berat otak tersebut hanyalah sekitar 2% dari rata-rata berat total tubuh kita, sekitar 70 kilogram. Meski berat tersebut jauh dibandingkan dengan berat otak seekor gajah dewasa yang mencapai 6 kilogram, tetapi fungsi dan tugas dari otak manusia lebih rumit dari hewan apapun yang ada di bumi ini. Itulah sebabnya mengapa manusia lebih cerdas dari pada hewan besar meskipun ukuran otaknya lebih kecil.Selama perkembangan tadi, sistem syaraf di dalam otak juga ikut berkembang. Dimulai dari jaringan embrio yang dinamakan ectoderm. Seiring dengan perkembangan sistem syaraf itu, bagian-bagian otak juga mulai membentuk ke arah bentuk yang lebih sempurna.

HUMAN BRAIN
1. right hemisphere
2. left hemisphere
3. cerebral cortex
4. skull
5. bons
6. hindbrain (cerebellum = otak kecil)
7. medulla (batang otak)
8. mid brain (sistem limbis)

lateralization of brain functioning
left hemisphere control:
1. logical thinking
2. language ability
3. writing
4. science dan math work

left mode right mode
characteristic

1. verbal non verbal
2. analytic synthetic
3. symbolic concrete
4. abstract analogic
5. temporal non temporal
6. rational non rational
7. digital spatial
8. logical intuitive
9. linear holistic

bagaimana kita dapat menyadari?
- eksistensi kedua belahan otak kita?
- pentingnya kerjasama diantara keduanya?

kesimpulan
- pola pmbelajaran terbaik adalah dengan

KUADRAN PEMBELAJARAN 
celebral a: logis, analisis, faktual, kuantitatif
celebral b: terencana, terorganisasi, rincian, urutan.
celebral c: emosi, interpersonal, kinestitka, perasaan.
celebral d: holisti, intuitif, strategis, integratif.
 
Ada beberapa lapis jaringan yang melindungi otak kita. Bagian paling luar adalah kulit. Selanjutnya di bawah kulit tadi ada 8 tulang yang melindungi sekeliling otak: satu tulang depan, dua tulang parietal, dua tulang temporal, satu tulang occipital, satu tulang sphenoid dan satu tulang ethmoid. Depalan tulang ini membentul cranium. 14 tulang lainnya yang terdapat pada muka membentuk tengkorang secara utuh. Dan masih ada 3 tulang kecil pada setiap telinga.

Di bawah tulang tengkorak terdapat sebuah lapisan khusus yang disebut meninges. Dikatakan lapisan khusus karena lapisan ini mempunyai tiga lapisan lagi. Lapisan terluar yang keras dan tebal dan berfungsi mencegah pergerakan otak di dalam tengkorak yang bisa mengakibatkan goresan dan menyebabkan pecahnya selaput darah disebut dura mater atau dura saja. Lapisan yang tengah berbentuk seperti laba-laba oleh karena itu disebut arachnoid (seperti laba-laba: Bhs. Yunani). Sedangkan lapisan yang paling dalam dan berdekatan dengan otak dinamakan pia mater atau pia.
Darah dipasokkan ke seluruh otak melalui 2 pasang pembuluh arteri yaitu: pembuluh arteri carotid dalam - internal carotid arteries - dan pembuluh arteri belakang - vertebral arteries. Pembuluh arteri belakang bagian kanan dan kiri bertemu pada dasar otak dan membentuk sebuah pembuluh basilar. Pembuluh basilar bertemu dengan pasokan darah dari pembuluh ateri carotid dalam pada lingkaran dasar dari otak. Lingkaran dari pembuluh arteri ini dinamakan Lingkaran Willis. Lingkaran Willis ini menciptakan sebuah mekanisme pengamanĂ¢€¦. jika suatu saat salah satu dari pembuluh arteri tadi mengalami gangguan maka lingkaran tadi masih bisa menyediakan/memasok darah bagi otak.

Kita mungkin sering mendengar tentang serangan otak atau dalam bahasa medis disebut Stroke. Kondisi ini terjadi jika pasokan darah ke otak berhenti dan jika ini berlangsung untuk waktu yang cukup lama maka neouron dalam otak akan mati karena kehabisan oksigen. Salah satu akibat nyata dari serangan otak ini adalah hilangnya kemampuan bicara seseorang, serangan yang lebih berat lagi bisa menimbulkan kelumpuhan pada anggota badan tertentu dan bahkan kematian.

Ada dua penyebab utama dari serang otak: pertama adalah terhambatnya pembuluh darah pada otak atau leher yang disebabkan oleh penggumpalan darah pada otak atau leher, atau penggumpalan dari bagian tubuh yang lain dan kemudian menyumbat pembuluh darah pada otak atau leher, atau juga adanya penyempitan pembuluh arteri pada kepala atau leher. Kedua adalah jika terjadi pembuluh darah yang pecah.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan serangan otak seperti: tekanan darah tinggi, serangan jantung, kebiasaan merokok dan penyakit diabetes.

Adapun tanda-tanda terjadinya serangan otak adalah: merasa lemah dan mati rasa pada wajah, lengan atau kaki pada salah satu bagian dari tubuh. Atau tiba-tiba tidak dapat melihat pada salah satu mata. Selain itu juga kesulitan berbicara atau kesulitan dalam memahami pembicaraan. Atau juga serangan sakit kepala secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya. Bisa juga pusing yang tidak beralasan, tidak mampu berdiri atau tiba-tiba terjatuh khususnya jika dibarengi dengan salah satu tanda yang telah disebutkan.
ribuan tentakel itu menyerupai suatu cabang pohon yang keluar dari badan sel sentral.Otak manusia terdiri dari banyak bagian, yang mana setiap bagian mempunyai tugasnya masing-masing. Berikut ini kita coba melihat beberapa bagian dari otak dan fungsinya. Yang pertama adalah Cerebral Cortex, kata cortex berasal dari bahasa Latin yang berarti kulit kayu. Hal ini disebabkan karena cortex terbuat dari selembar jaringan yang berfungsi sebagai pelindung bagian luar dari otak. Ketebalan dari cerebal cortex berkisar antara 2 s/d 6 mm. Sedangkan lebar total permukaannya sekitar 2500 cm2 , kira-kira sebesar bantal untuk tidur.

Bagian kanan dan kiri dari cerebral cortex dihubungkan oleh sebuah pita tebal dari urat syaraf dinamakan corpus callosum. Pada jenis mamalia tingkat tinggi seperti manusia cerebral cortex terlihat seperti benjolan dan berlekuk-lekuk. Benjolan yang ada pada cortex dinamakan gyrus dan lekukannya dinamakan sulcus.

Cerebral cortex mempunyai sebelas bagian yang masing-masing mempunyai fungsi yang sangat vital. Misalnya, Prefrontal Cortex; sebagai pengatur emosi, pemecah masalah dan untuk berfikir yang rumit. Motor Association, adalah pengkoordinir dari gerakan-gerakan yang rumit atau kompleks. Sedangkan Primary Motor, bertugas mengotrol gerakan-gerakan yang disengaja. Sensory Association Area, mempunyai tugas mengolah semua informasi dari panca indra yang tersebar pada seluruh bagian tubuh manusia seperti pada wajah dan kulit. Sedangkan fungsi bagian lainnya secara ringkas adalah: mengolah dan memproduksi bahasa, sebagai tempat pertimbangan yang menggunakan akal sehat, memberikan tanggapan atas sesuatu, pendeteksi rangsangan visual yang sederhana, memproses informasi audio yang rumit serta pendeteksi kualitas suara (tingkat kekerasannya, intonasi, dan sebagainya)

Bagian berikutnya adalah cerebellum dalam bahasa Latin berarti otak kecil, letaknya adalah dibagian belakang batang otak. Pada beberapa hal cerebellum seperti cerebral cortex: cerebellum dibagi menjadi dua hemispheres dan mempunyai cortex yang mengelilinginya (hemispheres), atau dalam bahasa yang lebih umum kita sering mendengar istilah otak kanan dan otak kiri. Fungsi dari otak kiri adalah mengatur dan mengendalikan bagian dan organ tubuh yang ada di kanan dan fusngi otak kanan adalah sebaliknya. Adapun fungsi umum dari bagian ini adalah: mengatur gerakan, keseimbangan dan sikap.

Selanjutnya, batang otak -Brain Stem- adalah istilah umum untuk daerah pada otak yang terletak antara thalamus dan yang terjadi dengan otak kanan - spinal cord. Susunan dalam batang otak terdiri dari medulla, pons, tectum, formasi reticular dan tegmentum. Beberapa dari daerah otak ini bertugas mengontrol sebagian besar dari fungsi dasar kehidupan seperti bernapas, detak jantung dan tekanan darah.

Hypothalamus terdiri dari beberapa bagian yang berbeda dan terletak pada bagian dasar dari otak. Ukurannya hanya sebesar kacang polong (kira-kira 1/300 dari berat total otak), tetapi mempunyai tugas yang sangat penting dalam mengatur kegiatan utama yang dilakukan oleh tubuh. Salah satu hal penting yang menjadi tanggung jawabnya adalah mengontrol mengontrol suhu tubuh. Hypothalamus berfungsi seperti sebuah thermostat yaitu dengan cara memantau perubahan suhu tubuh dan kemudian mengirim sinyal untuk menyesuaikan temperatur sesuai yang dikehendaki oleh tubuh. Misalnya, jika kita merasa terlalu panas, hypothalamus akan merasakan hal ini dan kemudian mengirim sinyal untuk memperbesar pembuluh kapiler pada kulit kita. Hal ini akan menyebabkan darah menjadi dingin lebih cepat.

Wednesday, December 1, 2010

Advokasi Media dan Kampanye Publik - Pak Irwan Julianto 23.10.10

MEDIA DAN PROMOSI/KOMUNIKASI KESEHATAN MASYARAKAT :
 -Penggunaan media massa dalam promosi kesehatan: bagian penting komunikasi kesehatan
 -50 tahun terakhir jadi kekuatan dahsyat bagi pendidikan kesehatan dan perubahan perilaku
- Memainkan peran dalam perubahan sosial 
PERUBAHAN SOSIAL vs KEMAPANAN
- Media massa sebagai sarana promosi kesehatan yang efektif harus punya komitmen pada perubahan sosial.
- Celakanya, media justru berada dalam bisnis untuk mempertahankan kemapanan
-Media dimanfaatkan dalam mutualisme konspiratif Penguasa dan Pengusaha.
-Penggunaan media massa untuk advokasi kesehatan jadi dilema.
-Advokasi kesehatan: politis & kontroversial

PEMASARAN SOSIAL
-PemasaranSosial : model pendekatan sistematis menggunakan riset konsumen dan sejumlah saluran komunikasi untuk memengaruhi dan mengubah perilaku penduduk secara spesifik
- Komunikasi Kesehatan = Gabungan aneka disiplin: pemasaran sosial, antropologi, analisis perilaku, advertising, komunikasi, pendidikandll.



5 LANGKAH PEMASARAN SOSIAL UNTUK KESEHATAN
-Penilaian (assess)
- Perencanaan (plan)
-Pre-test materi edukasi (pre-test)
-Penerapan intervensi (deliver)
-Pemantauan (monitor)

KEKUATAN ADVOKASI MEDIA 
- Advokasi media: konsep yang relatif baru
-  Banyak dikaitkan dengan gerakan pengendalian rokok di AS, Inggris, Kanada
-  Esensi advokasi media lebih dari sekadar meningkatan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang masalah kesehatan. Kekuatannya justru pada melibatkan masyarakat dalam proses pembuatan kebijakan publik. 


 ADVOKASI MEDIA
-Advokasi media: penggunaan strategik media massa untuk meningkatkan inisiatif sosial dan masyarakat
- Menstimulasi peliputan media secara luas untuk membentuk ulang debat publik dan meningkatkan dukungan masyarakat bagi kebijakan publik yang efektif dalam masalah kesehatan masyarakat.
-Advokasi media tak langsung berupaya mengubah perilaku berisiko individual
-Memfokuskan pada perubahan cara pemahaman masalah sebagai isu kesehatan masyarakat
          
JENIS-JENIS ADVOKASI LAIN 
-Selain advokasi media, ada advokasi litigasi, advokasi legislasi, dan advokasi masyarakat, serta advokasi pemerintah
- mengadvokasi media, reporter hingga pemimpin redaksi dijadikan mitra
- Jenis-jenis advokasi lain juga punya “nilai berita” bagi kalangan wartawan
- Semuanya bersinergi jadi: KAMPANYE PUBLIK.


Model P-Process Johns Hopkins juga punya 5 langkah :
- Analisis
-Desain strategis
-pretesting-revisi-produksi
-Manajemen-implementasi-pemantauan
-Evaluasi dampak
-Langkah tambahan: perencanaan kelangsungan program 





    Costumer Behaviour Perilaku konsumen - Pak Chairy 02.10.10

    Mengubah sikap melalui komunikasi...
    beberapa prinsip psikologi dasar yang mempengaruhi orang untuk mengubah pikiran mereka atau memenuhi permintaan:
     
    -Reciprocity : 
    timbal balik. "apabila ingin disayang, maka sayangilah orang".

    -Scarity 
    sesuatu yang langka bisa menjadi lebih berharga (sengaja dibuat langka = artificial scarity). contoh scarity adalah motor harley davidson adalah motor yang sebenarnya biasa saja dengan motor lainnya, tapi dengan strategi penjualan yang baik ia menjadi diminati oraang-orang kaya. sedangkan contoh dari artificial scarity adalah motor harley davidson, begitu mahal namun di gandrungi, hal ini disebabkan oleh dibuatnya kesan langka, dan prestisius bila memilikinya.

    -Sikap :
    cara seseorang menanggapi atau memikirkan mengenai sesuatu. Sikap berbeda dengan tingkah laku, contohnya adalah kita membungkuk pada yang lebih tua, itu perilaku, sedangkan contoh sifat adalah apa yang kita rasakan atau fikir mengenai orang tua yang tersebut.

    -Authority : 
    otoritas yang menyampaikan pesan. seperti pengunguman dari perusahaan lagnsung.

    -Consistency :
    Liking setuju dengan orang yang kita suka. Contoh : ketika kita ditawari barang oleh SPG yang tampan atau cantik, otomatis kita jadi tertarik melihat barangnya dan kemungkinan membeli.

    -Consensus : 
    mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh orang sebelum kita.Contoh : dalam sumbangan RT, kita cenderung untuk melihat orang-orang yang sudah menyumbang sebelum kita.

    Elemen-elemen komunikasi :
    1. Message Initiator / the sender
    •  pengiklan menggunakan para ahli untu mengiklankan produk yang beresiko tinggi, seperti iklan pasta gigi menggunakan model dokter.
    • pengiklan menggunakan artis dalam iklannya untuk mengiklankan iklan yang high social risk
    • pengiklan memakai siapa saja dalam beriklan saat memasarkan everyday product
    2. Medium 


    3. Message 

    • Hype vs Buzz : Hype adalah propaganda dan Buzz adalah efek dari mulut ke mulut mengenai informasi yang diberikanThe corporate paradoks adalah semakin banyak propaganda yang dimainkan, semakin kostumer susah mempercayai yang ada
    • Mengulang iklan dalam sehari seperti pedang bermata bandar, orang bisa menyukai, dan bisa tidak menyukai
    • Three hit theory adalah iklan yang diulang 3 kali dalam suatu kali pemunculan
    • One vs Twosided messages : One message adalah memberikan informasi manfaat dari produk, sedangkan two sided message adalah memberikan bad and good points dari produk yang ditawarkan
    • Comparative advertising diluar negeri lebih dibebaskan daripada di Indonesia, 
    • Framing message ada 2 : Positive  dan Negative (dimana sisi negatif akan muncul kalau tidak memakai produk yang disebutkan)
    4. Target audience / the receiver
    5. Feedback





    Macam-macam appeal costumer :
    - Emotional appeal 
    - Rational 
    - Sexual appeal
    - Humorous appeal
    - Fear appeal.

    pesan kata atau gambar?
    stimuli verbal yang mempengaruhi aspek utilitariana produk
    keterlibatan tinggi situasi; ekposur lebih sering

    rangsangan visual mempengaruhi evaluasi estetika

    unsur verbal lebih efektif bila diperkuat oleh ingat gambar-> konsumen meningkatkan menyertai informasi verbal.

    pengulangan?
    bermata dua kata: kesadaran vs pengulangan
    membatasi jumlah eksposur per pengulangan

    satu vs dua sisi pesan?
    satu sisi ; stres hanya informasi yang menguntungkan
    dua sisi : kedua titik baik dan buruk disajikan.
    ramah vs ramah / penonton kritis

    menarik kesimpulan?
    pribadi orang pesan: relevan akan membayar perhatian untuk itu dan secara spontan kesimpulan

    sulit untuk mengikuti argumen atau konumen
    motivasi untuk mengikuti kurang menarik kesimpulan

    perbandingan iklan?

    strategi positioning merek
    membantu mengingat dari merek pesaing

    pesan framing?

    membingkai pesan positif:
    stress manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan produk ->situasi keterlibatan rendah; citra diri independen.

    membingkai pesan negatif: stres manfaat yang akan hilang sengan tidak menggunakan produk -> situasi keterlibatan tinggi ; saling melihat diri.

    efek order?
    keutamaan efek vs kebaruan
    yang pertama, terakhir atau di antara?

    emosi vs banding rasional

    jenis penonton (pendidikan)
    tingkat keterlibatan
    seksual banding

    bervariasi dari satu negara ke negara lain
    harus relevan dengan produk

    keterlibatan rendah produk
    penonton sudah memiliki sikap positif terhadap merek.

    lebih muda, lebih baik-educated, kelas atas, profesional cenderung lebih reseptif.

    dampak humor iklan:

    humor menarik perhatian
    humor tidak merugikan comprehension
    humor tidak lebih efektif untuk meningkatkan persuasi
    humor tidak meningkatkan kredibilitas sumber
    suka humor enchanges
    humor yang relevan dengan produk yang lebih unggul untuk humor yang tidak berhubungan dengan produk.
    penonton faktor demografi mempengaruhi respon terhadap banding iklan lucu
    sifat produk mempengaruhi kelayakan suatu treatment lucu
    humor lebih efektif dengan produk yang ada dibandingan dengan produk baru

    humor adalah lebih tepat untuk produk rendah keterlibatan dan perasaan produk berorientasi dari produk-produk high-keterlibatan.