Wednesday, December 1, 2010

TPI menjadi MNC TV - Pak Reza & Pak Wijaya Kusuma 17.10.10

Stasiun televisi TPI sudah mengalami beberapa kali pergantian logo, logo itu diganti agar dapat menarik hati masyarakat yang menontonnya. TPI berganti nama dan logo karena TPI masih sangat kuat sebagai Televisi Pendidikan Indonesia yang sudah tidak sesuai dengan konsep perusahaan untuk meningkatkan target market dan kualitas program yang lebih baik lagi. 
Sebagai stasiun televisi swasta pertama yang mengudara secara nasional sejak 23 januari 1991, juga tv pelopor musik dangdut, tayangan sopan yang bisa dinikmati seluruh keluarga. Berganti nama dan logo karena TPI masih sangat kuat sebagai Televisi Pendidikan Indonesia yang sudah tidak sesuai dengan konsep perusahaan, untuk meningkatkann target market dan kualitas program yang lebih baik lagi

TPI DAN TRANS7 memiliki karakteristik yang sama hanya saja stasiun televisi TPI lebih didominasi dengan ordinary person:
- trendsetter
- rating
- ordinary person

PERUBAHAN HARUS MENYELURUH

MAKSUDNYA :

- perubahan logo dan merek harus dilakukan menyeluruh dan fokus.
- dampak perubahan harus menyentuh pada perubahan pada budaya perusahaan dimana
- fokus dalam setiap kegiatan operasionalnya setiap hari dan
- dalam perencanaannya strategis.

banyak stasiun televisi yang mengubah nama tetapi tidak memberikan dampak baru dalam masyarakat, seperti contohnya global tv.

Tahapan relaunch
  • Membuat jadwal atau tata waktu tahapan relaunch .
  • Membuat rencana turunan atas perubahan logo dan merek dalam proses relaunch tersebut ;
  • Mengurus Hak Kekayaan Intelektual atas perubahan logo dan merek;
  • Mengurus pemberitahuan perubahan logo dan merek tersebut kepada Pihak Yang Berwenang termasuk dan tidak terbatas pada Menkominfo dan Para Pemegang Saham.
  • Tindakan-tindakan hukum yang bersifat khusus lainnya sebagaimana dipersyaratkan oleh Peraturan Perundang-undangan
  • TIDAK MENUNJUK KONSULTAN UNTUK RELAUNCH
  • Proses dilakukan dengan mengadakan sayembara karyawan.
  • Team Promo and Post Pro mempersiapkan rancangan perubahan dan blue printnya 
  • Dengan relaunch diharapkan
  • Stasiun televisi TPI sudah mengalami beberapa kali pergantian logo, logo itu diganti agar dapat menarik hati masyarakat yang menontonnya. TPI berganti nama dan logo karena TPI masih sangat kuat sebagai Televisi Pendidikan Indonesia yang sudah tidak sesuai dengan konsep perusahaan untuk meningkatkan target market dan kualitas program yang lebih baik lagi. audience trendsetter
  • Menarik pengiklan
  • Lebih inovative dan inspiring
  • Kekinian (Update)
  • Mengutamakan konten lokal (indonesiana)
  • Tetap fokus pada program religi, komedi dan musik
  • SES BCD  

 Kepala Divisi membuat panduan mengenai proses relaunch dengan mempertimbangkan
- Aspek penjualan (sales) dan pemasaran (marketing) dengan mempertimbangkan masukan dari para pengiklan / advertiser.
- Aspek pemirsa dengan mempertimbangkan hasil riset baik yang dilakukan internal maupun riset yang dilakukan oleh pihak ketiga (i.e. A.C. Nielsen)
-Aspek produksi dan aspek promosi serta aspek peningkatan Citra Perusahaan dimata pemirsa
Aspek karyawan berkaitan dengan perubahan budaya dan etos kerja (changing on corporate culture) .
-Posisi MNCTV sebagai “One stop entertainment” untuk keluarga Indonesia dengan target pemirsa dari kalangan menengah (SES BCD)
-MNCTV siap dengan program-program baru di antaranya program animasi “Oasis & Peterpan” dan sejumlah tayangan baru lainnya, di antaranya “Serial Pilihan Keluarga” dan Komedi Situasi terbaru bertajuk “Tawar Tawaran Tawa”.
-Menurut hasil survey AGB Nielsen, berada pada posisi ke-4 di antara seluruh televisi nasional selama 3 bulan terakhir berdasarkan SES BCD. Target pemirsa anak-anak 5 s/d 15 tahun, serta target pemirsa ibu-ibu dengan anak balita, menempati urutan pertama. Dengan adanya merek dan logo baru, diharapkan dapat meningkatkan posisi, rating dan share menjadi lebih maksimal.

No comments:

Post a Comment