Wednesday, December 1, 2010

Costumer Behaviour Perilaku konsumen - Pak Chairy 02.10.10

Mengubah sikap melalui komunikasi...
beberapa prinsip psikologi dasar yang mempengaruhi orang untuk mengubah pikiran mereka atau memenuhi permintaan:
 
-Reciprocity : 
timbal balik. "apabila ingin disayang, maka sayangilah orang".

-Scarity 
sesuatu yang langka bisa menjadi lebih berharga (sengaja dibuat langka = artificial scarity). contoh scarity adalah motor harley davidson adalah motor yang sebenarnya biasa saja dengan motor lainnya, tapi dengan strategi penjualan yang baik ia menjadi diminati oraang-orang kaya. sedangkan contoh dari artificial scarity adalah motor harley davidson, begitu mahal namun di gandrungi, hal ini disebabkan oleh dibuatnya kesan langka, dan prestisius bila memilikinya.

-Sikap :
cara seseorang menanggapi atau memikirkan mengenai sesuatu. Sikap berbeda dengan tingkah laku, contohnya adalah kita membungkuk pada yang lebih tua, itu perilaku, sedangkan contoh sifat adalah apa yang kita rasakan atau fikir mengenai orang tua yang tersebut.

-Authority : 
otoritas yang menyampaikan pesan. seperti pengunguman dari perusahaan lagnsung.

-Consistency :
Liking setuju dengan orang yang kita suka. Contoh : ketika kita ditawari barang oleh SPG yang tampan atau cantik, otomatis kita jadi tertarik melihat barangnya dan kemungkinan membeli.

-Consensus : 
mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh orang sebelum kita.Contoh : dalam sumbangan RT, kita cenderung untuk melihat orang-orang yang sudah menyumbang sebelum kita.

Elemen-elemen komunikasi :
1. Message Initiator / the sender
  •  pengiklan menggunakan para ahli untu mengiklankan produk yang beresiko tinggi, seperti iklan pasta gigi menggunakan model dokter.
  • pengiklan menggunakan artis dalam iklannya untuk mengiklankan iklan yang high social risk
  • pengiklan memakai siapa saja dalam beriklan saat memasarkan everyday product
2. Medium 


3. Message 

  • Hype vs Buzz : Hype adalah propaganda dan Buzz adalah efek dari mulut ke mulut mengenai informasi yang diberikanThe corporate paradoks adalah semakin banyak propaganda yang dimainkan, semakin kostumer susah mempercayai yang ada
  • Mengulang iklan dalam sehari seperti pedang bermata bandar, orang bisa menyukai, dan bisa tidak menyukai
  • Three hit theory adalah iklan yang diulang 3 kali dalam suatu kali pemunculan
  • One vs Twosided messages : One message adalah memberikan informasi manfaat dari produk, sedangkan two sided message adalah memberikan bad and good points dari produk yang ditawarkan
  • Comparative advertising diluar negeri lebih dibebaskan daripada di Indonesia, 
  • Framing message ada 2 : Positive  dan Negative (dimana sisi negatif akan muncul kalau tidak memakai produk yang disebutkan)
4. Target audience / the receiver
5. Feedback





Macam-macam appeal costumer :
- Emotional appeal 
- Rational 
- Sexual appeal
- Humorous appeal
- Fear appeal.

pesan kata atau gambar?
stimuli verbal yang mempengaruhi aspek utilitariana produk
keterlibatan tinggi situasi; ekposur lebih sering

rangsangan visual mempengaruhi evaluasi estetika

unsur verbal lebih efektif bila diperkuat oleh ingat gambar-> konsumen meningkatkan menyertai informasi verbal.

pengulangan?
bermata dua kata: kesadaran vs pengulangan
membatasi jumlah eksposur per pengulangan

satu vs dua sisi pesan?
satu sisi ; stres hanya informasi yang menguntungkan
dua sisi : kedua titik baik dan buruk disajikan.
ramah vs ramah / penonton kritis

menarik kesimpulan?
pribadi orang pesan: relevan akan membayar perhatian untuk itu dan secara spontan kesimpulan

sulit untuk mengikuti argumen atau konumen
motivasi untuk mengikuti kurang menarik kesimpulan

perbandingan iklan?

strategi positioning merek
membantu mengingat dari merek pesaing

pesan framing?

membingkai pesan positif:
stress manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan produk ->situasi keterlibatan rendah; citra diri independen.

membingkai pesan negatif: stres manfaat yang akan hilang sengan tidak menggunakan produk -> situasi keterlibatan tinggi ; saling melihat diri.

efek order?
keutamaan efek vs kebaruan
yang pertama, terakhir atau di antara?

emosi vs banding rasional

jenis penonton (pendidikan)
tingkat keterlibatan
seksual banding

bervariasi dari satu negara ke negara lain
harus relevan dengan produk

keterlibatan rendah produk
penonton sudah memiliki sikap positif terhadap merek.

lebih muda, lebih baik-educated, kelas atas, profesional cenderung lebih reseptif.

dampak humor iklan:

humor menarik perhatian
humor tidak merugikan comprehension
humor tidak lebih efektif untuk meningkatkan persuasi
humor tidak meningkatkan kredibilitas sumber
suka humor enchanges
humor yang relevan dengan produk yang lebih unggul untuk humor yang tidak berhubungan dengan produk.
penonton faktor demografi mempengaruhi respon terhadap banding iklan lucu
sifat produk mempengaruhi kelayakan suatu treatment lucu
humor lebih efektif dengan produk yang ada dibandingan dengan produk baru

humor adalah lebih tepat untuk produk rendah keterlibatan dan perasaan produk berorientasi dari produk-produk high-keterlibatan.
   










    No comments:

    Post a Comment