Wednesday, December 1, 2010

Advokasi Media dan Kampanye Publik - Pak Irwan Julianto 23.10.10

MEDIA DAN PROMOSI/KOMUNIKASI KESEHATAN MASYARAKAT :
 -Penggunaan media massa dalam promosi kesehatan: bagian penting komunikasi kesehatan
 -50 tahun terakhir jadi kekuatan dahsyat bagi pendidikan kesehatan dan perubahan perilaku
- Memainkan peran dalam perubahan sosial 
PERUBAHAN SOSIAL vs KEMAPANAN
- Media massa sebagai sarana promosi kesehatan yang efektif harus punya komitmen pada perubahan sosial.
- Celakanya, media justru berada dalam bisnis untuk mempertahankan kemapanan
-Media dimanfaatkan dalam mutualisme konspiratif Penguasa dan Pengusaha.
-Penggunaan media massa untuk advokasi kesehatan jadi dilema.
-Advokasi kesehatan: politis & kontroversial

PEMASARAN SOSIAL
-PemasaranSosial : model pendekatan sistematis menggunakan riset konsumen dan sejumlah saluran komunikasi untuk memengaruhi dan mengubah perilaku penduduk secara spesifik
- Komunikasi Kesehatan = Gabungan aneka disiplin: pemasaran sosial, antropologi, analisis perilaku, advertising, komunikasi, pendidikandll.



5 LANGKAH PEMASARAN SOSIAL UNTUK KESEHATAN
-Penilaian (assess)
- Perencanaan (plan)
-Pre-test materi edukasi (pre-test)
-Penerapan intervensi (deliver)
-Pemantauan (monitor)

KEKUATAN ADVOKASI MEDIA 
- Advokasi media: konsep yang relatif baru
-  Banyak dikaitkan dengan gerakan pengendalian rokok di AS, Inggris, Kanada
-  Esensi advokasi media lebih dari sekadar meningkatan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang masalah kesehatan. Kekuatannya justru pada melibatkan masyarakat dalam proses pembuatan kebijakan publik. 


 ADVOKASI MEDIA
-Advokasi media: penggunaan strategik media massa untuk meningkatkan inisiatif sosial dan masyarakat
- Menstimulasi peliputan media secara luas untuk membentuk ulang debat publik dan meningkatkan dukungan masyarakat bagi kebijakan publik yang efektif dalam masalah kesehatan masyarakat.
-Advokasi media tak langsung berupaya mengubah perilaku berisiko individual
-Memfokuskan pada perubahan cara pemahaman masalah sebagai isu kesehatan masyarakat
          
JENIS-JENIS ADVOKASI LAIN 
-Selain advokasi media, ada advokasi litigasi, advokasi legislasi, dan advokasi masyarakat, serta advokasi pemerintah
- mengadvokasi media, reporter hingga pemimpin redaksi dijadikan mitra
- Jenis-jenis advokasi lain juga punya “nilai berita” bagi kalangan wartawan
- Semuanya bersinergi jadi: KAMPANYE PUBLIK.


Model P-Process Johns Hopkins juga punya 5 langkah :
- Analisis
-Desain strategis
-pretesting-revisi-produksi
-Manajemen-implementasi-pemantauan
-Evaluasi dampak
-Langkah tambahan: perencanaan kelangsungan program 





    No comments:

    Post a Comment