MEDIA DAN PROMOSI/KOMUNIKASI KESEHATAN MASYARAKAT :
-Penggunaan media massa dalam promosi kesehatan: bagian penting komunikasi kesehatan
-50 tahun terakhir jadi kekuatan dahsyat bagi pendidikan kesehatan dan perubahan perilaku
- Memainkan peran dalam perubahan sosial
-Penggunaan media massa dalam promosi kesehatan: bagian penting komunikasi kesehatan
-50 tahun terakhir jadi kekuatan dahsyat bagi pendidikan kesehatan dan perubahan perilaku
- Memainkan peran dalam perubahan sosial
PERUBAHAN SOSIAL vs KEMAPANAN
- Media massa sebagai sarana promosi kesehatan yang efektif harus punya komitmen pada perubahan sosial.
- Celakanya, media justru berada dalam bisnis untuk mempertahankan kemapanan
-Media dimanfaatkan dalam mutualisme konspiratif Penguasa dan Pengusaha.
-Penggunaan media massa untuk advokasi kesehatan jadi dilema.
-Advokasi kesehatan: politis & kontroversial
- Media massa sebagai sarana promosi kesehatan yang efektif harus punya komitmen pada perubahan sosial.
- Celakanya, media justru berada dalam bisnis untuk mempertahankan kemapanan
-Media dimanfaatkan dalam mutualisme konspiratif Penguasa dan Pengusaha.
-Penggunaan media massa untuk advokasi kesehatan jadi dilema.
-Advokasi kesehatan: politis & kontroversial
PEMASARAN SOSIAL
- Komunikasi Kesehatan = Gabungan aneka disiplin: pemasaran sosial, antropologi, analisis perilaku, advertising, komunikasi, pendidikandll.
5 LANGKAH PEMASARAN SOSIAL UNTUK KESEHATAN
-Penilaian (assess)- Perencanaan (plan)
-Pre-test materi edukasi (pre-test)
-Penerapan intervensi (deliver)
-Pemantauan (monitor)
KEKUATAN ADVOKASI MEDIA
- Advokasi media: konsep yang relatif baru
- Banyak dikaitkan dengan gerakan pengendalian rokok di AS, Inggris, Kanada
- Esensi advokasi media lebih dari sekadar meningkatan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang masalah kesehatan. Kekuatannya justru pada melibatkan masyarakat dalam proses pembuatan kebijakan publik.
- Menstimulasi peliputan media secara luas untuk membentuk ulang debat publik dan meningkatkan dukungan masyarakat bagi kebijakan publik yang efektif dalam masalah kesehatan masyarakat.
-Advokasi media tak langsung berupaya mengubah perilaku berisiko individual
-Memfokuskan pada perubahan cara pemahaman masalah sebagai isu kesehatan masyarakat
- Advokasi media: konsep yang relatif baru
- Banyak dikaitkan dengan gerakan pengendalian rokok di AS, Inggris, Kanada
- Esensi advokasi media lebih dari sekadar meningkatan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang masalah kesehatan. Kekuatannya justru pada melibatkan masyarakat dalam proses pembuatan kebijakan publik.
ADVOKASI MEDIA
-Advokasi media: penggunaan strategik media massa untuk meningkatkan inisiatif sosial dan masyarakat- Menstimulasi peliputan media secara luas untuk membentuk ulang debat publik dan meningkatkan dukungan masyarakat bagi kebijakan publik yang efektif dalam masalah kesehatan masyarakat.
-Advokasi media tak langsung berupaya mengubah perilaku berisiko individual
-Memfokuskan pada perubahan cara pemahaman masalah sebagai isu kesehatan masyarakat
JENIS-JENIS ADVOKASI LAIN
-Selain advokasi media, ada advokasi litigasi, advokasi legislasi, dan advokasi masyarakat, serta advokasi pemerintah
- mengadvokasi media, reporter hingga pemimpin redaksi dijadikan mitra
- Jenis-jenis advokasi lain juga punya “nilai berita” bagi kalangan wartawan
- Semuanya bersinergi jadi: KAMPANYE PUBLIK.
-Selain advokasi media, ada advokasi litigasi, advokasi legislasi, dan advokasi masyarakat, serta advokasi pemerintah
- mengadvokasi media, reporter hingga pemimpin redaksi dijadikan mitra
- Jenis-jenis advokasi lain juga punya “nilai berita” bagi kalangan wartawan
- Semuanya bersinergi jadi: KAMPANYE PUBLIK.
Model P-Process Johns Hopkins juga punya 5 langkah :
- Analisis
-Desain strategis
-pretesting-revisi-produksi
-Manajemen-implementasi-pemantauan
-Evaluasi dampak
-Langkah tambahan: perencanaan kelangsungan program
- Analisis
-Desain strategis
-pretesting-revisi-produksi
-Manajemen-implementasi-pemantauan
-Evaluasi dampak
-Langkah tambahan: perencanaan kelangsungan program
No comments:
Post a Comment